Selasa, 14 Juni 2011

CARA MEMPERBAIKI MAGIC JAR _ RICE COOKER _ SETRIKA _ MESIN CUCI _ DAN SEBAGAINYA.

1. MAGIC JAR  and RICE COOKER
  
     Kedua alat ini sebenarnya cara kerjannya hampir sama yaitu merubah energi listrik menjadi energi panas. Untuk kerusakannya biasanya hanya seputar elememenya saja yang sudah terlalu tua dan minta diganti. Sedangkan cara penggantianya: 
  
a. Apabila didapati kedua alat ini rusak yaitu lampu indikator tidak menyala, kita harus memastikan bahwa tegangan listrik sampai ke elemennya apa gak, caranya kita buka mur/baut yang ada di bawah pengait antara tutup dan badan alat, kemudian kita buka penutupnya kita tarik pelan2 kabelnya(cable) kita test dengan testpen di bagian sambungan yang biasanya dibungkus dengan pengaman plastik.klu tidak ada aliran listrik berarti kerusakan ada di bagian cable colokan, mungkin kena gi2tan tikus atau karna dah uzur, kita ganti  aja dengan cable yang baru..
b. Apabila didapati kerusakan dengan ciri2 nasi tidak bisa matang karna kurang panas atau nasi cepat basi wlu baru aja kita masukan dlm magic com berarti kerusakan ada pada elemen pemanasnya,. G ush pusing2 kita langsung aja bongkar alat ini dengan cara (magic com: kita lepaskan penutupnya, juga badan alat tsb dan kita lansung aja lepaskan elemenya berupa lilitan kabel yang ditempel dengan aluminium foil yang bisa dipastikan sudah gosong)
(sedangkan magic jar: kita melepaskanya element dari bawah alat, dan kita ganti juaga elemenya dengan yang baru)
c. Apabila didapati saklar otomatis tidak bisa berfungsi atau nasi sudah masak tp saklar tidak bisa njegeg menyebabkan nasi cepat kering, maka kita periksa di bagian pemutus arus otomatisnya, cara kerjanya disertakan alat termostat atau alat pengukur panas, apabila suhu sudah melebihi batas max yang diatur alat ini akan memutus arus secara otomatis..cara mengatasinya kita lepasin aja dan kita ganti dengan yg baru, tapi kerusakan semacam ini jarang sekali dijumpai.


Catatan;
 kedua element dan sperpart tersebut bisa kita beli ditoko elektronik terdekat di kota anda.
 dan jgn salah untuk element magic com itu ada dua yaitu element yg berada ditutup dan yg ada dibadan alat, bisa dibedakan elementnya panjang dan pendek, yg pendek untuk tutup dan sebaliknya.. harganyapun murah sekali pasti terjangkau dari pada beli dgn alat yg baru, yg pasti pemborosan.




2 . SETRIKA


Untuk barang elektronik yang satu ini biasanya jarang sekali rusak, kebanyakan kerusakan ada pada cablenya. cara penggantianya sangat mudah: lepas aja baut yang ada di sebelah belakang setrika dan lepaskan cablenya dan ganti dgn yang baru,. dan klupun rusak dibagian dalannya atau elementnya kita bongkar aja dgn cara lepas baut dibelakang dan dibwh pegangan tangan trus kita lepasin elementnya ganti dgn yg baru, semua elementnya tersedia di oko elektronik terdekat.. Perlu kita ingat sebelum kita mengganti element setrika dengan yang baru alangkah lebih baiknya kita cek dulu menggunakan avometer atau multitester skala 1ohm.. apabila jarum pd multitester tidak bergerak sama sekali bisa dipastikan elementnya rusak.. Dan segera kita bawa ke toko elektronik terdekat, beli element setrika.. Yang pasti murah harganya jika dibanding dengan kita beli yang baru.... 


                                                  


3.MESIN CUCI
Kerusakan mesin cuci sebagian besar kabelnya pada putus digi2tin tikus, lagi2 tikus he he he.... caranya gampang, kita lepas aja mur yg ada diblkang alat ini dgn obeng+/-  setelah kita lepas penutup belakangnya kita teliti satu persatu cablenya, klu benar kabel pada putus kita ganti saja dgn kabel yg baru pengerjaanya sangat mudah karna cable 1 dgn yg lain beda warna jadi kita mudah dlm penandaanya.. Dan seandainya kabelnya utuh berarti kerusakan ada pada kondensator atupun di dinamonya, cara ngeceknya juga gampang kita teliti aja lilitan yg ada pada dinamo/kumparanya baik pengeringnya ataupun pencucinya, apabila tidak ada lilitan yg kebakar atau berubah warna dari kuning menjadi hitam, berarti kerusakan ada pada kondensator...atau kerusakan pada saklar otomatisnya cara ngeceknya juga gampang yaitu dengan menggunalan testpen kita tempel saja tespen pada kabel sambungan yang ada pada kondensator apabila arus ada / lampu tespen nyala berarti kondensatornya yang rusak, tapi apabila tidak nyala berarti kerusakan pada saklar automatisnya, kita lepas aja saklar automatisnya dan kita beli yg baru di toko elektronik terdekat..dan apabila yg rusak kondensatornya  cara penggantianya kita lepas aja dan kita belikan dgn yg baru.. dgn nilai yg sama.. tapi jangan salah ada mesin cuci yg kondensatornya dua ada yang satu..    

| Free Bussines? |

7 komentar:

  1. cek juga disini bos http://pintarbengkel.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Siap Bossss..... wah jadi malu sendiri.. kejauhan mas ,, dibandink blognya sampeyan... maklum taraf belajar nich.

    BalasHapus
  3. mesin cuci saya rusak,
    ada bunyi kretek...kretek,,, jika dipakai untuk nyuci, itu kira kira apanya ya gan?
    apakah mudah dalam memperbaikinya jika mau dilakukan sendiri?

    BalasHapus